Agar bisa bekerja dengan optimal, tubuh kita membutuhkan bermacam-macam jenis nutrisi yang dapat kita dapatkan lewat menu makan yang dikonsumsi. Anda boleh mengkonsumsi beraneka jenis makanan tiap hari mulai nasi atau roti, sejumlah jenis sayur, buah-buahan, ikan, telur, daging, susu, bahkan keju ataupun yoghurt. Jenis makanan yang dikonsumsi bakal mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Satu dari beberapa jenis nutrisi yang terdapat dalam makanan yang anda konsumsi ialah asam amino yang dasarnya adalah partikel pembentuk protein. Saat makanan yang anda konusmsi tak bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan protein, anda bakal mengalami beberapa problem kesehatan. Dibawah ada beberapa kemungkinan yang muncul bila kekurangan protein Asam Amino.

Protein pada dasarnya ialah salah satu macam nutrisi yang sangat penting yang diperlukan tubuh anda. Ada beragam manfaat yang boleh anda dapatkan dari protein semacam membantu proses pencernaan, sumber energi, dan mempertahankan kesehatan juga metabolisme tubuh hingga tubuh anda bisa bekerja sebagaimana mestinya dengan lebih optimal. Manfaat protein tersebut tidak terlepas dari peranan asam amino yang adalah partikel pembentuk protein. Saat anda kekurangan protein, ada beragam masalah kesehatan mungkin akan muncul. Satu masalah yang mungkin muncul akibat tak terpenuhinya asupan protein ialah terhambatnya proses pertumbuhan.

Agar proses pertumbuhan bisa berjalan secara optimal, anda butuh asupan nutrisi cukup yang anda peroleh dari makanan yang dikonsumsi. Salah satu nutrisi yang memiliki peran dalam pertumbuhan ialah lysine. Lysine pada umumnya adalah asam amino yang memiliki peran dalam proses tumbuhnya sel-sel tubuh. Lysine bisa mempercepat tubuh anda meyerap kalsium lebih optimal. Kalsium diperlukan oleh tubuh anda tuk pertumbuhan sel tulang. Tanpa ada asupan lysine yang cukup, anda kemungkingan besar akan mengalami gangguan tulang lalu masalah pertumbuhan tulang. Tidak cuma membantu proses pertumbuhan tulang, lysine pun dibutuhkan tuk proses produksi kolagen.

Kolagen diperlukan tuk pembentukan jaringan penghubung semacam kulit, otot, juga tulang rawan. Lysine pula berperan secara tidak langsung dalam mempercepat proses pengolahan lemak jadi energi dan membantu mengurangi kadar kolesterol didalam tubuh. Kekurangan lysine bisa menyebabkan anemia, pertumbuhan terhambat, gangguan reproduksi, serta hilangnya selera makan. Disamping lysine, jenis asam amino lainnya yang besar peranannya kedalam menjaga kesehatan tubuh ialah cysteine. Cysteine berfungsi penting dalam mengurangi resiko serangan penyakit. Tiap hari, tubuh anda punya resiko tuk terserang radikal bebas. Radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh serta luar tubuh sebagaimana dari polusi lingkungan, radiasi, bahkan sinar ultraviolet.  Radikal bebas disebut selaku salah satu penyebab utama beraneka jenis penyakit berbahaya sebagaimana penyakit jantung dan kanker. Cysteine tak hanya bisa membantu organ tubuh anda supaya bekerja sebagaimana mestinya tapi juga bisa membantu melindungi tubuh anda dari beragam jenis penyakit.

Tubuh anda bakal mengubah cysteine jadi glutathione, satu jenis antioksidan yang bisa membantu menetralisir dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Kekurangan cysteine bisa mengakibatkan tubuh anda jadi lebih rentan atas serangan penyakit. Kurangnya asupan protein pun bisa menyebabkan tubuh memiliki sedikit energi. Protein terbukti bisa membantu anda jadi lebih berenergi dan fokus. Saat makanan yang anda konsumsi menyimpan sedikit protein, anda bakal jadi lebih mudah capek dan sulit berkonsentrasi. Tidak hanya menyebabkan kelelahan, kurangnya asupan asam amino pun dapat berpengaruh terhadap tingkat stres yang dialami. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang dengan protein kurang, lebih mudah terkena stres dibandingkan dengan asupan protein cukup.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.