Kenapa HAKI Harus Mendapatkan Perlindungan Dengan cara Hukum

Kenapa HAKI Harus Mendapatkan Perlindungan Secara Hukum ? Barangkali Hampir semua Masyarakat Di Indonesia Masih Ada Yang Bingung Serta Mempertanyakannya. Bila Kamu adalah seorang pengusaha atau punya sebuah perusahaan tertentu tentu sudah begitu mengenal seputar HAKI. HAKI merupakan singkatan dari Hak Kekayaan Intelektual atau disebut pula sebagai Intellectual Property Rights. HAKI sendiri terhimpun dari seluruh benda yang diciptakan dari kemampuan intelektual manusia, entah itu berwujud ataupun tidak.

Lalu juga hasil dari kreativitas dan daya pikir orang yang bisa dilihat, dibaca, didengar, diraba, dipakai, dan dimanfaatkan keberadaannya. Misalnya ada sangat banyak, contohnya saja beragam penemuan di dunia ilmu pengetahuan, teknologi, seni, karya sastra, tarian, perusahaan, jasa yang dijual, brand, logo, dan lainnya. Sesuatu dapat dikatakan satu kekayaan intelektual bila berasal dari pemikiran seseorang yang 100%, tidak menjiplak, meniru, atau malah mengambil karya punya orang lain.

Pendaftaran Merek

Nah, salah satu upaya untuk menjaga hak itu yakni dengan mendaftarkan merk, logo dan produk ke Dirjen HAKI Indonesia. Hal itu disebabkan banyaknya perlakuan tidak bertanggungjawab yang bisa merugikan sebuah perusahaan, contohnya ada kasus penipuan, plagiarisme logo, peniruan produk, dan lain-lain. Pastinya sebagai pengusaha, Kamu bakal merasa dirugikan sebab keuntungan serta kepercayaan masyarakat turun. Inilah alasan kenapa HAKI harus mendapatkan perlindungan.

Kenapa HAKI harus mendapatkan perlindungan hukum dari Dirjen HAKI?

Menurut situs ini Yang jadi alasan pertama ialah untuk melindungi hak cipta dari para penciptanya, entah itu perorangan ataupun kelompok. Apa lagi kompetisi seputar kekayaan intelektual di dunia bisnis serta ekonomi semakin ketat serta kejam. Kamu sendiri sudah banyak mendengarkan kasus seputar peniruan sebuah produk serta brand dagang tertentu. Ada banyak pebisnis kecil yang menciptakan barang sama dengan perusahaan asli yang telah terkenal dengan hak paten.

Hal ini membuat banyak barang KW maupun palsu bermunculan serta dijual di pasaran. Walaupun demikian tetap ada perbedaan yang mendasar yakni kualitas bahan dan tingkat keawetan yang amat rendah. Tindakan semacam itulah yang bisa merugikan para pencipta produk serta merek asli, begitupun konsumen. Ditambahkan lagi bila pihak perusahaan berkaitan dengan belum mendaftarkan merk produk dagangnya pada Dirjen HAKI Indonesia lihat syaratnya.

Mereka tidak dapat mengajukan tuntutan atas kasus plagiarisme serta peniruan nama, logo, ataupun produk dagang. Karena banyaknya kasus seperti itu maka saat ini para pebisnis tingkat kecil, menengah, sampai besar menyadari betul kenapa HAKI harus mendapatkan perlindungan hukum. Caranya yakni dengan mengajukan permohonan pendaftaran merk dagang pada Dirjen HAKI. Usai terdaftar dengan sah serta disahkan maka tidak ada orang lain lagi yang berupaya mencatut nama, logo, ataupun meniru karya cipta itu. Kalaupun ada maka perusahaan mempunyai hak serta wewenang penuh untuk memperkarakan tindakan dengan cara hukum.

baca juga: cara daftar trademark

Disamping mengantisipasi tindakan penipuan serta peniruan, ada pula alasan lain kenapa HAKI harus mendapatkan perlindungan. Salah satunya ialah untuk memberi apresiasi khusus pada para penemu serta penciptanya. Mereka merasa lebih dihargai sebab karya tersebut mendapat pengakuan serta perlindungan dari pemerintah langsung. Dengan disahkan dengan resmi maka masyarakat luas bakal kenal dan tahu bila barang itu punya pemilik yang resmi.

Untuk dunia bisnis, HAKI yang sudah terdaftar serta dilindungi rupanya dapat meningkatkan kualitas sebuah produk dagang. Hal itu disebabkan masyarakat bakal lebih percaya atas merk dagang yang sudah terang asal-usul, mutu, bahan pembuatan, dan lainnya. Naiknya level kepercayaan itu secara otomatis jadi investasi yang besar untuk para perusahaan yang mana profit ataupun permintaan akan produk bakal meningkat. Tidak cuma itu saja, HAKI yang mendapatkan perlindungan pun bisa menjaga citra serta reputasi Negara Indonesia itu sendiri di pandangan internasional.

Sebab dengan kuatnya perlindungan hukum atas HAKI dijamin kualitas barang dalam negeri makin tinggi. Khususnya untuk kebutuhan ekspor ke berbagai negeri asing dimana mengatasnamakan produk-produk Indonesia. Argumen lainnya kenapa HAKI perlu perlindungan ialah supaya jadi contoh, panutan, serta motivasi untuk pihak lain. Adanya penemuan dasar dari berbagai macam bidang tersendiri bisa menjadi waktu serta sarana belajar untuk mengerjakan pengembangan.

Itu tadi alasan kenapa HAKI harus mendapat perlindungan. Karenanya untuk Kamu yang sudah membuat ataupun mempunyai sebuah bentuk kekayaan intelektual, ada baiknya langsung daftarkan kepada Dirjen HAKI kemudian anda bisa lihat disini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.