Pesepakbola Top Yang Sempat Merumput di Empat Liga Top Eropa

Bojan Krkic bakal masuk kedalam daftar pemain eksklusif pasca menyelesaikan kepindahannya ke Mainz. Pemain Spanyol tersebut bergabung klub Bundesliga secara pinjaman hingga akhir musim. Striker Stoke City ini bakal tercatat selaku pemain ke-9 yang sudah bermain di Premier League, Serie A, La Liga dan Bundesliga semenjak 2000 saat dia menjadikan debutnya di klub besutan Martin Schmidt. Bojan boleh dianggap jadi superstar sepakbola yang tak takut menjajal karir lintas negara. Dibawah ini pemain lain yang sudah bermain divisi elite di Inggris, Jerman, Spanyol serta Italia dari pergantian abad. Informasi ini berasal dari sini yang khusus meliput informasi tentang sepakbola dunia. Dan pesepakbola tersebut adalah:

  1. Pierre Wome Setelah main dengan 4 klub di Italia tergolong AS Roma dan Bologna, Wome menggeluti karir yang pendek di Fulham, Espanyol, Brescia juga Inter Milan menjelang pindah menuju Werder Bremen di musim panas 2006. Ia menetap di Jerman sepanjang 4 tahun, menghabiskan 2 musim di Bremen dan 2 musim di Cologne jelang pindah ke tim awal Gabon Sapins. Wome ada di klub Kamerun Canon Yaounde semenjak 2012 dan kala ini masih kuat main meski umurnya telah 37 tahun.
  2. Pepe Reina Setelah terlihat dari akademi Barcelona dan bermain 30 kali di La Liga sepanjang 2 musim, Reina membangun namanya di Villarreal usai pindah tahun 2002. Pemain internasional Spanyol ini direkrut Liverpool tahun 2005 lalu menghabiskan 9 tahun yang gemilang di klub, meski pernah dipinjamkan kepada Napoli musim 2013-2014. Reina lalu pindah dengan permanen ke ‘Giant’ Bundesliga Bayern Munchen tahun 2014, tapi memilih keluar di tahun selanjutnya dengan pulang ke Serie A bareng Napoli.
  3. Christian Poulsen Sama sebagaimana Bojan, Poulsen sempat bermain di Belanda bertemu Ajax, tapi ia pun punya pengalaman main di klub Denmark (Nordvest serta Copenhagen) dan Prancis (Evian) didalam riwayat karirnya. Midfielder Denmark, yang pensiun tahun 2015, pernah main di Jerman, Spanyol, Italia juga Inggris dalam waktu tak lebih satu dekade, move dari Schalke ke Sevilla tahun 2006, lalu dari Juventus menuju Liverpool tahun 2010.
  4. Obafemi Martins Walau sekarang main di Tiongkok usai meninggalkan klub MLS Seattle Sounders tahun 2015, Martins merasakan karir gemilang di Eropa menjelang melintasi Atlantik. Pemain gesit berkebangsaan Nigeria ini mengawali karirnya bersama Reggiana hingga menghabiskan 5 tahun di Inter Milan dan 3 tahun lagi di Newcastle, di mana dia mampu mendulang 35 gol. Pada 2009, Martins move ke Bundesliga dengan berseragam Wolfsburg, tapi hengkang pergi ke klub Rusia Rubin Kazan tahun berikutnya hingga kembali ke Inggris kala dipinjamkan kepada Birmingham. Ia pernah mencicipi kompetisi La Liga pasca bergabung bersama Levante pada 2012.
  5. Maniche Maniche mengawali karirnya di Portugal bersama Benfica menjelang bergabung Alverca. Dia balik lagi ke klub masa kecilnya tahun 1999 tetapi dijual kepada Porto 3 tahun berselang sebelum mengawali tur keliling Eropa. Sewaktu gagal kinclong di Rusia bersama-sama Dynamo Moscow musim 2005-2006, Maniche dipinjam Chelsea, dimana ia main 11 kali dibawah Mourinho. Akhir musim ia hengkang ke Atletico Madrid, menjelang menjalani kurun peminjaman singkat pada Inter Milan tahun 2008. Midfielder Potugal pernah merumput dengan Koln pada era 2009, tapi di musim selanjutnya kembali ke kampung bersama Sporting Lisbon hingga gantung sepatu tahun 2011.
  6. Kevin-Prince Boateng Setelah menembus skuad utama Hertha Berlin tahun 2005, Boateng menggeluti gaya hidup yang lumayan nomaden dan jalan-jalan Eropa dengan 7 klub berbeda. Ia urung membuat efek di Tottenham selesai bergabung dengan klub tahun 2007 dan akhirnya dipinjamkan ke Borussia Dortmund menjelang pindah permanen ke Portsmouth tahun 2009. Boateng tampak mengesankan pasca pindah ke AC Milan tahun berikutnya menjelang kembali di Jerman dengan Schalke tahun 2013. Pasca kembali ke San Siro sewaktu 6 bulan, Boateng kini bisa ditemukan di Spanyol bersama Las Palmas.
  7. Victor Obinna Obinna kini ada di Rumania pasca ia meneken kesepakatan bersama Dinamo Bucharest sekian hari lalu. Namun ia pun memiliki sejarah yang panjang main di sejumlah liga terbaik Eropa. Pasca mengawali karirnya di Italia bareng Chievo, punggawa Nigeria ini gabung dengan Inter Milan tahun 2008 dan sempat dipinjamkan kepada West Ham dan Malaga. Obinna lalu pindah permanen menuju Rusia dengan Lokomotiv Moskow pada 2011, hingga pulang Chievo serta menjalani karir yang pendek di klub Jerman Duisburg serta Darmstadt.
  8. Eduardo Vargas Vargas pertama-tama tiba di Eropa tahun 2012 saat ia menanggalkan ‘Giant’ Chili Universidad de Chile tuk joint Napoli. Tapi, ia kandas menjadi keputusan utama di San Paolo lalu dipinjamkan kepada klub Brasil Gremio, Valencia serta tim Premier League QPR antara 2013-2015. Vargas lalu memutuskan move permanen ke Hoffenheim tahun 2015, namun setelah tak lebih dari 2 musim di Jerman dirinya pindah ke klub Tigres bursa transfer Januari kemarin, barusan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.