Teh adalah satu dari beberapa tumbuhan yang telah sejak dulu diolah jadi minuman sebagaimana dengan namanya yakni teh yang punya manfaat untuk kesehatan. Teh pun punya beragam jenis, satu diantaranya ialah teh hijau. Mengapa dinamakan dengan teh hijau? Karena sesuai dengan namanya, teh seperti ini punya warna hijau ketika diseduh. Beda dengan teh seperti normalnya yang berwarna coklat. Seperti yang kita ketahui, teh hijau punya banyak manfaat untuk kesehatan dan tidak sedikit dianjurkan oleh setiap ahli tuk mengomsumsi teh ini. Tetapi tahukah bila mengonsumsi teh hijau pun bisa menimbulkan efek samping untuk kesehatan? Tuk lebih jelasnya, telusuri jawabannya dibawah ini!

Bahanya Efek Samping Dari Teh Hijau

  1. Membuat Naiknya Asam Lambung. Teh hijau punya kandungan zat tanin yang akan memicu lambung tuk memproduksi asam makin banyak lagi dari biasanya. Hal ini cukup berbahaya untuk penderita asam lambung, hingga ada baiknya hindari mengomsumsi teh hijau “lebay” untuk penderita asam lambung. Walaupun begitu, teh hijau masih aman untuk orang yang tak punya masalah pada asam lambung.
  2. Mengganggu Kesehatan Ginjal. Jauhi mengonsumsi teh hijau yang dibarengi dengan obat dari dokter maupun sedang didalam pengawasan medis. Hal semacam itu bisa mengganggu kesehatan serta kinerja ginjal, hingga menimbulkan kondisi pada ginjal. Mengingat, cara kerja teh hijau tidak sama dengan obat–obatan dari resep dokter. Bukan penyakit hilang, tapi penyakit datang.
  3. Mengganggu Sekresi Hormon. Mengomsumsi secara berlebihan memang amat tak dianjurkan dan tak baik bagi kesehatan, begitu pun teh hijau yang diminum dalam jumlah berlebih. Akibatnya bisa mengganggu sekresi hormon didalam tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya hindari mengomsumsi teh hijau berlebih. Konsumsi teh hijau maksimum 3 cangkir perhari.
  4. Mengganggu Penyerapan Zat Besi. Disamping bisa menaikkan kadar asam lambung kepada penderita asam lambung, teh hijau rupanya juga bisa mengakibatkan gangguan kemampuan darah tuk menyerap zat besi serta nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh bila dikonsumsi didalam jumlah berlebihan. Oleh sebab itu, hindari mengonsumsi teh hijau secara berlebihan.
  5. Insomnia. Seperti halnya kopi, teh hijau memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Sehingga sepatutnya untuk menghindari konsumsi teh hijau secara berlebihan. Akibatnya bakal mengalami kecemasan serta susah tuk tidur alias mengalami insomnia.
  6. Mengganggu Kesehatan Janin. Teh hijau pun tidak disarankan buat wanita hamil maupun sedang mengandung. Karena kandungan kafein yang lumayan tinggi di teh hijau bisa mengakibatkan gangguan kepada otak janin, membuat sulit tuk berkembang nantinya.

Nah, begitu tadi efek samping dari mengomsumsi teh hijau bagi kesehatan. Maka, teh hijau bisa menimbulkan penyakit bila dikonsumsi didalam jumlah yang berlebih dan juga tak diperuntukkan untuk wanita hamil. Seperti yang kita ketahui, sesuatu yang berlebih takkan pernah baik untuk diri sendiri, entah itu dalam sisi kesehatan maupun yang lainnya. Saya harap bermanfaat bagi anda semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published.